Mengenal Bahasa Pemprograman Javascript

Bagi Anda yang memiliki website, mungkin Anda sadar bahwa website yang interaktif akan jauh lebih menarik bagi para pengunjung Anda namun jika tampilan website anda kurang menarik perhatian tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengunjung Anda.

1. Pengertian JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini. JavaScript juga dikenal sebagai salah satu dari tiga bahasa pemrograman utama bagi web developer.

Inilah yang memberi sebuah kehidupan pada halaman elemen interaktif dan perangkat bergerak atau animasi yang dapat menarik perhatian dan melibatkan pengunjung website.

Ini adalah bahasa pemrograman web di sisi klien, yang berarti kode tersebut dijalankan di web pengguna. Dengan munculnya teknologi Node.js dan lainnya, Javascript juga dapat digunakan sebagai bahasa sisi server, membuatnya sangat serba guna. JavaScript digunakan terutama untuk pengembangan web yang bekerja erat dengan HTML dan CSS.

Javascript dapat dipelajari dengan cepat dan mudah serta digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari meningkatkan mengaktifkan permainan (games), fungsionalitas website hingga software berbasis web.

Selain itu, terdapat ribuan template dan aplikasi JavaScript yang bisa Anda gunakan secara gratis dan semuanya ini berkat beberapa situs, seperti Github dll.

2. Fungsi JavaScript pada halaman web

Bahasa JavaScript terdiri dari beberapa fitur programming yang dapat membantu Anda untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menjalankan kode untuk menanggapi peristiwa tertentu yang terjadi pada halaman web.
  2. Menyimpan value yang berguna di dalam sebuah variabel. Misalnya, jika Anda ingin memasukkan sebuah nama baru di dalam website Anda, Anda tinggal menyimpan nama itu di variabel yang bernama “name”. Dan masih banyak lagi.

3. Kelebihan dan Kekurangan JavaScript

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan bahasa pemprograman Javascript tersebut. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan bahasa Pemprograman Javascript.

Kelebihan Bahasa Pemprograman JavaScript:

  1. Lebih cepat dan ringan jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.
  2. Dengan JavaScript web lebih terlihat interaktif dan lebih menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.
  3. JavaScript dapat digunakan di berbagai browser, platform, dan lain-lain.

Kekurangan Bahasa Pemprograman JavaScript:

  1. Tidak selalu didukung oleh berbagai browser dan perangkat.
  2. JS code snippet agak banyak.
  3. Dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan kode berbahaya di komputer pengguna.

Untuk memasukan string kode JavaScript ke halaman web, Anda harus menggunakan tag <script>. Anda juga bisa melihat code di bawah ini untuk memeriksa tampilannya.

<script type="text/javascript">
code javascript
</script>

Dari artikel diatas tentu anda sudah mengetahui apa itu JavaScript, fungsi JavaScript pada halaman web, kelebihan dan kekurangan JavaScript, dan contoh code JavaScript.


Posted

in

,

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *